Kamis, 20 November 2008

Organisasi Informasi Bu Yuyu


INFORMATION PROCESSING, INFORMATION MANAGEMENT AND KNOWLEDGE MANAGEMENT

Pengolahan informasi dilakukan oleh semua anggota dari masyarakat berbasis knowledge
Information management berhub. dgn pengelolaan informasi utk orang lain, didalam sebuah organisasi atau komunitas, khususnya menjadi domain dari professional information manager
Knowledge mgt berkenaan dgn penciptaan organisasi dan masyarakat dimana subjective/tacit knowledge dikonversi menjadi objective knowledge dan dibagi dalam pengejaran thd tujuan komunal atau organisasi, dan merupakan domain dari politikus, chief executive, dan senior manager

Pengolahan Informasi

Pengolahan informasi adalah melakukan sesuatu pada informasi, agar informasi itu menjadi sesuatu yg lain
Curtis (1989) mengidentifikasi jenis2 pengolahan informasi:
-Klasifikasi data
-Menyusun kembali atau menyortir data
-Meringkas atau mengumpulkan data
-Melakukan penghitungan data
-Penyeleksian data
Pada masyarakat atau organisasi yg semakin knowledge based, banyaknya keterlibatan individu dlm information processing dan keahlian yg disyaratkan pada individu2 semakin meningkat.

Information Management

Menurut Fairer-Wessels:
Information mgt adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan pd informasi dlm sebuah sistem yg terbuka (yaitu organisasi).
Information mgt dipandang sbg penggunaan teknologi (seperti komputer, sistem informasi, TI) dan berbagai teknik (seperti information auditing/mapping) secara efektif dan efisien utk mengelola berbagai sumberdaya dan aset informasi dari sumber2 internal dan eksternal dlm rangka meningkatkan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yg pro-aktif utk mencapai maksud & tujuan organisasi.

Information managers adalah profesional yg bertindak sbg agen yg menciptakan dan memperbaiki sistem secara terus menerus, sehingga pengolah informasi dapat mencapai tujuan dgn lebih baik
Seorang information managers perlu mengerti dan menginterpretasikan tujuan2 dlm konteks berbagai sumberdaya yg tersedia.

Peran kunci information managers adalah menstrukturkan knowledge, dan akan ada kebutuhan secara terus menerus thd para profesional yg dapat menampilkan penstrukturan tsb, baik melalui rancangan sistem dan knowledge, atau melalui dukungan pd penelusur.

Knowledge Management

Knowledge mgt terkait dgn eksploitasi dan pengembangan aset2 knowledge pd sebuah organisasi dgn maksud memajukan tujuan2 organisasi.

Knowledge yg dikelola termasuk explicit, documentary knowledge dan tacit/subjective knowledge.

Knowledge mgt mencakup semua proses yg berhubungan dg indentifikasi, berbagi dan penciptaan informasi.

Knowledge mgt yg baik membutuhkan sistem utk pengelolaan penyimpanan knowledge, dan utk mengolah serta memfasilitasi berbagi knowledge dan pembelajaran secara organisasi .

Knowledge mgt fokus pd 1 atau lebih dr 4 tujuan berikut ini:
  1. Utk menciptakan knowledge repositories, yg menyimpan knowledge dan informasi, seringkali dlm bentuk yg didokumentasikan. Ciri2 umum adalah “nilai tambah” melalui pengkategorian dan pemangkasan.
  2. Meningkatkan akses pd knowledge, atau memfasilitasi transfer knowledge di antara individu. Di sini yg ditekankan adalah connectivity, akses dan transfer, serta teknologi seperti videoconferencing systems, document scanning, dan penggunaan bersama peralatan dan jaringan telekomunikasi.
  3. Meningkatkan lingkungan knowledge sehingga lingkungan itu kondusif utk lebih secara efektif menciptakan, transfer dan menggunakan knowledge. Hal ini meliputi melakukan norma2 dan nilai2 secara organisasi yg berhubungan dg knowledge.
  4. Mengelola knowledge sbg aset, dan mengenali nilai knowledge bagi sebuah organisasi. Aset2 spt berbagai teknologi yg dijual dibawah lisensi atau mempunyai nilai yg potensial, database pelanggan dan katalog adalah aset

Tidak ada komentar: